Welcome

Selamat datang di Tutorial Komik Animasi Chibi Indonesia Lengkap

The HITs News

Jangan Mencontek dan Bencilah Guru yang Mengerjakan Soalmu

Senin, 13 Juli 2015

Bab VI: Mengelola Efek Animasi [(A)-b-c]

A. Objek Umum
Objek umum seperti “lingkaran, persegi, dll”. Biasanya objek-objek tersebut memiliki tambahan animasi, perubahan dan sebagainya.

1. Ke Kanan dan Ke Kiri
Teknik ke kanan dan ke kiri maupun sebaliknya menggunakan pergerakan lurus menampakkan terjadinya suatu perpindahan posisi. Rumus sumbu (X).
2. Putar
Teknik putar menampakkan terjadinya rotasi lebih maupun kurang dari 360o. Perputaran yang ideal terlihat dari sudut tertentu, dari atas - samping bawah - samping atas, dll.
3. Skala (kecil / besar)
Teknik ukuran umumnya menampakkan objek mengecil dan membesar, meninggi maupun melebar. Biasa disebut zoom in dan zoom out.
4. Alpha
Teknik ini menampakkan transparansi kemunculan objek. Terhitung antara -100% yang artinya objek tidak terlihat sampai dengan +100% yang artinya objek sangat terlihat.

5. Jatuh
Teknik ini umumnya dari atas ke bawah, cepat maupun perlahan/melayang. Animasi jatuh menggunakan rumus sumbu (Y).
6. Melayang
Teknik ini hampir sama dengan jatuh, namun berbeda pada pola animasinya yang selalu bergerak halus.
7. Memantul
Teknik ini umumnya dari bawah ke atas, ke samping, dan sebagainya. Inti dari rumus ini adalah kembali ke posisi semula, kecuali adanya perbedaan tekstur media pantul.
8. Pecah
Animasi pecah sering digunakan untuk benda-benda mudah pecah, dengan bagian kecil yang terlihat berhamburan ke mana-mana.

Tidak ada komentar: